Cara Daftar dan Memanfaatkan Kartu Prakerja

- 4/20/2020 11:58:00 AM

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp20 triliun Prakerja Card, dua kali lipat dari rencana semula. Target tersebut mengangkat 5,6 juta orang. Pendaftaran dibuka secara online melalui prakerja.go.id website resmi dan dibuka April 2020 11 sampai September 2020.

Menurut Direktur Komunikasi Prakerja Flag Card Program Winanteya Ruky, pada tahap pertama hanya akan menerima maksimum 164.000 pendaftar per minggu. Pendaftaran dilakukan secara bertahap sampai semua kuota yang terisi. Pemerintah bermaksud untuk meningkatkan kuota mingguan dari waktu ke waktu.

Pertama gelombang dibuka sampai Kamis, April 16 pukul 16.00. '' Jika Anda belum  berhasil berpartisipasi dalam gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung dalam gelombang berikutnya, tanpa harus melakukan proses pendaftaran lagi, "kata Menteri Koordinator (Menko) Airlangga Hartarto Bidang Perekonomian dalam keterangan resminya, Senin (13/4/2020). hingga akhir 2020, diatur menjadi tidak lebih dari 30 gelombang pendaftaran.

Pengumuman penerimaan batch pertama akan dikirimkan Jumat, April 17, dan pelatihan dapat mulai Sabtu, April 18 di platform mitra digital. Offline atau tatap pelatihan wajah dapat dilakukan setelah suasana mereda pandemi.

Program kartu disambut antusias oleh masyarakat. Sejak dirilis 20 Maret, 2020, www.prakerja.go.id situs resmi telah memiliki 2,4 juta pengunjung unik dengan 12 April 2020. Pada hari pertama pendaftaran Tahap I 11 April ada lebih dari 1,1 juta pengunjung baru.

Ketua Panitia Kerja Copyright, Menteri Koordinator Airlangga mengatakan, menjamin kapasitas sistem Prakerja Card (server, front-end dan sistem back-end) bisa diandalkan untuk melayani para pencari kerja. Sampai Minggu, April 12, 2020 pukul 16.00 WIB, atau 21 jam setelah pendaftaran dibuka, tercatat bahwa untuk mendaftar sebanyak 1.432.133.

Dari jumlah itu, mereka sudah melakukan email verifikasi 1.063.028 orang (73,85%), yang melalui verifikasi VIN sebanyak 624 090 (43,65%), dan yang telah mengambil program pelatihan atau batch yang bergabung sebanyak 77 834 (5,43%) .

Tujuan Program Prakerja Card adalah korban Pemutusan (PHK), pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) dipengaruhi oleh pandemi Covid-19. Pemerintah membuat update data dari kementerian / lembaga (K / L) dan pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja, Pariwisata, Koperasi dan UKM, Perdagangan dan Industri, atau asosiasi bisnis yang terkena dampak seperti transportasi dan ritel. Update data untuk memastikan bahwa Kartu Prakerja pada target.

Airlangga mengatakan lebih dari 900 pelatihan online, dengan berbagai jenis dan tingkatan, dari pemula hingga mahir akan tersedia dalam delapan platform yang digital. Setengah dari mereka adalah jenis praktis, ringan, dan dapat menghasilkan pendapatan baru.

pelatihan lapangan, antara lain, pengenalan teknologi informasi untuk pemula, akuntansi untuk pemula, melatih pendeta muda, terpercaya, manajemen coffee shop, bahasa Inggris praktis MC untuk pelaku pariwisata, keterampilan rumah tangga dasar, dan belajar untuk menjadi telemarketer.

penerima Prakerja Card akan diberitahu melalui email dan / atau SMS. Kartu Prakerja bukan kartu fisik, melainkan unik 16 digit kode yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran pelatihan. Peserta dapat memilih pelatihan yang diinginkan pada platform digital Program Prakerja Card mitra resmi, yaitu Tokopedia, Keterampilan Academy oleh Ruangguru, Maubelajarapa, Bukalapak, Pintaria, Sekolah Anda, Pijarmahir, dan Sisnaker.

 Setiap penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan paket manfaat total senilai Rp3.550.000, yang terdiri dari:


  • Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000 yang dapat digunakan untuk membeli aneka pelatihan di digital platform mitra.
  • Insentif yang akan ditransfer ke rekening bank atau e-wallet LinkAja, Ovo, atau GoPay milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian:



  1. Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan (Rp2.400.000).
  2. Insentif survei evaluasi pasca pengisian dari Rp50.000 per survei untuk tiga survei (USD 150.000).

Peserta dapat mengambil modul pelatihan lebih lanjut ketika menyelesaikan latihan pertama. Bantuan akan hangus jika dalam waktu 30 hari yang diberikan, para peserta tidak menggunakan kartu untuk latihan pertama Prakerja. Sisa biaya pelatihan bantuan setelah modul pelatihan pertama dapat digunakan untuk membeli pelatihan lebih lanjut sampai dengan 31 Desember 2020.

Lalu bagaimana cara pendaftaran Kartu Prakerja secara online, apa saja syaratnya? Namun sebelum melangkah lebih lanjut, calon pendaftar harus menyiapkan beberapa dokumen dan pribadi yang harus disiapkan, yaitu:
1. Data lengkap diri bersama Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP
2. Nomor telepon (aktif)
3. Email (aktif)

 Syarat Kartu Prakerja:
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia minimal 18 tahun (saat mendaftar)
2. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
Para pekerja formal maupun informal bisa mendaftar lewat laman resmi untuk mendapatkan Kartu Prakerja. Untuk mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah, pendaftar harus punya akun terlebih dahulu melalui www.prakerja.go.id 
Mendaftar akun Kartu Prakerja sangat mudah. Calon peserta bisa pakai nomor telepon atau alamat email yang aktif. Pendaftar hanya wajib mengisi data beserta informasi yang benar pada situs resmi. Salah satunya mengisi nama dan data sesuai KTP yang disahkan negara.


Berikut ini cara membuat akun kartu pra kerja di laman resmi www.prakerja.go.id:
1. Masukkan nomor ponsel atau alamat email yang aktif.
2. Klik kolom Daftar
3. Kemudian pilih menu metode verifikasi.
4. Masukan kode verifikasi diterima baik lewat SMS atapun email.
5. Jika selesai, maka pendaftaran berhasil dan pendaftar sudah punya akun Kartu Pra Kerja..



Setelah beres membuat akun Kartu Prakerja,  calon bisa langsung mendaftarkan diri.
Caranya:
1. Masuk laman prakerja.goi.id,  login akun, dan klik menu daftar Kartu Prakerja
2. Isi formulir pendaftaran sesuai format yang disediakan
3. Lalu, klik selanjutnya
4. Langkah selanjutnya diminta mengisi tes kemampuan dasar.
5. Kemudian, klik selesai.
6. Setelah selesai melakukan mengisi formulir pendaftaran dan tes kemampuan dasar  pendaftar  akan menerima notifikasi lewat akun  yang sudah terdaftar. Dan bisa langsung buka akun  di situs Kartu Prakerja (prakerja.goi.d), setelah masuk akun,  tinggal klik menu Cek Status Pendaftaran


memilih Pelatihan

Setelah berhasil memiliki kartu Prakerja, peserta dapat mengikuti pelatihan dan pemerintah akan memberikan insentif uang tunai sebagai biaya pelatihan yang harus diikuti.

Sementara jenis pelatihan dan metode pelatihan dipilih sendiri oleh pemilik kartu, apakah pelatihan akan online atau offline. Peserta akan menerima saldo non-tunai melalui platform ovo, Link Aja dan Bank Negara Indonesia (BNI).

Setelah selesai menentukan jenis pelatihan yang akan diikuti, peserta pelatihan hidup dapat dilakukan baik secara online dan offline. Setelah pelatihan selesai diikuti, peserta akan menerima sertifikat sesuai dengan jenis pelatihan yang diikuti di lembaga yang memberikan pelatihan.

Dirancang sebagai produk, program Prakerja kartu dikemas dengan cara sedemikian rupa sehingga memberikan nilai untuk pengguna sekaligus memberikan nilai kepada sektor swasta.

jalur digital melalui pasar harus memungkinkan pengguna untuk mencari, membandingkan, pilih, dan memberikan evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk dapat terus ditingkatkan, tumbuh, dan relevan. Bekerja sama dengan perusahaan swasta, program ini merupakan bentuk kerja sama antara pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat.


Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang mencari pekerjaan, tetapi juga untuk pekerja, karyawan dan karyawan. Singkatnya, semua warga negara berusia 18 tahun ke atas dan tidak sekolah atau perguruan tinggi, dapat mendaftar. Program ini tidak terbatas pada batas atas usia, karena belajar dan berlatih tak mengenal umur. Lifelong learning. Namun, prioritas diberikan kepada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.

Kartu Solusi PraKerja

1. Untuk membantu meringankan biaya pelatihan pekerja dan perusahaan

2. Mengurangi biaya pencarian informasi tentang pelatihan

3. Mendorong seseorang dengan pengurangan mismatch kebekerjaan

4. Menjadi pelengkap pendidikan formal

Tambahkan komentar anda disini
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search